10 Tips Tiket Pesawat Promo yang Ramah di Kantong

Sebarkan artikel ini

Setiap maskapai memiliki batas tarif dan batas harga tersendiri yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Dalam waktu tertentu, harga tiket pesawat akan mengalami kenaikan dan harganya relatif lebih mahal daripada harga biasa. Sedangkan kebanyakan konsumen pasti mengharapkan harga yang murah atau harga promo.

Cobalah untuk mendapatkan harga terbaik atau harga meski meski dalam keadaan harga tiket sedang mengalami kenaikan. Sudah tahu caranya? Berikut 10 tips tiket pesawat promo yang perlu Anda ketahui agar lebih hemat kantong :

1. Pilih Waktu Pemesanan

Tips tiket pesawat promo yang pertama adalah menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan tiket pesawat Anda. Di antara waktu pemesanan terbaik yang direkomendasikan di sini adalah pukul 11 malam atau 23.00.

Maskapai penerbangan sendiri memiliki sistem seat control. Jadi untuk meng-cancel pemesanan tiket yang tidak aktif. Biasanya orang yang akan naik pesawat sudah melakukan pemesanan terlebih dahulu dan tidak langsung melakukan pembayaran. Nah, pada jam 11 malam tersebut adalah waktu dimana maskapai melakukan pembatalan reservasi atau pemesanan tiket yang belum aktif.

Ketika pembatalan dibuka, secara otomatis semua kursi kelas kabin. Anda bisa manfaatkan momen terbaik ini untuk melakukan pemesanan tiket pesawat. Dengan begitu Anda akan mendapatkan harga yang murah atau bisa mencapai kisaran harga promo.

2. Manfaatkan Low Season

Tips tiket pesawat promo yang kedua adalah melakukan pemesanan pada saat low season. Ketika Anda ingin melakukan pemesanan tiket pesawat terbang, usahakan jangan memesannya pada high season. Karena pada masa high season ini harga tiket pesawat relatif lebih mahal.

Tunda pembelian hingga pada masa high season seperti pada musim liburan dan hari besar lainnya. Tunggu hingga pada saat low season yang tawaran harganya lebih rendah.

 Namun jika Anda ingin bepergian pada saat high season, sebaiknya Anda melakukan pemesanan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya sebelum memasuki masa high season. Misalnya memesan sekitar 3 bulan sebelum pemberangkatan.

Dengan begitu, Anda tetap bisa bepergian dengan pesawat pada musim high season tetapi dengan pembelian tiket pesawat yang murah.

3. Gunakan Jendela Mesin Pencari Rahasia

Tips tiket pesawat promo yang selanjutnya adalah menggunakan jendela mesin pencari rahasia. Tahukah Anda, sistem maskapai dan agen perjalanan online dapat mengetahui history pencarian Anda. Sebaiknya Anda menggunakan jendela pencarian rahasia atau incognito window. Dengan begitu pencarian Anda akan lebih tersembunyi.

4. Gunakan Aplikasi Pembanding Harga Tiket

Tips tiket pesawat promo yang keempat adalah menggunakan aplikasi pembanding harga tiket antara yang satu dengan lainnya. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membandingkan harga tiket yang dijual dalam agen perjalanan online. Gunakan salah satu aplikasi tersebut lalu bandingkan perbedaan harganya antara satu dengan yang lain.

5. Pilih Hari Memesan dan Keberangkatan

Jangan lupa untuk memilin hari memesan dan berangkat di waktu yang tepat dan terbaik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Eropa menerangan bahwa, waktu terbaik untuk memesan tiket adalah di hari minggu. Sedangkan waktu keberangkatan terbaik adalah di hari selasa atau rabu.

Saat itu biasanya harga tiket pesawat lebih murah daripada hari lainnya. Anda bisa menggunakan tips tiket pesawat promo yang kelima ini sebagai waktu yang tepat pemesanan tiket pesawat.

6. Menjadi Agen Milis Maskapai

Selain upaya atau tips tiket pesawat promo di atas, untuk mendapatkan harga yang murah dari pembelian harga tiket pesawat terbang adalah dengan menjadi anggota milis maskapainya.

Poin dari milis maskapai dapat ditukarkan dengan tiket pesawat jika sudah banyak. Sehingga Anda akan lebih menghemat kantong, dan tetap dapat melakukan perjalanan dengan transportasi udara pesawat terbang.

7. Lakukan Penerbangan Transit

Jika Anda tidak terlalu tergesa-gesa dan memiliki waktu luang yang cukup banyak, cobalah untuk melakukan penerbangan transit. Dengan melakukan hal ini biasanya akan lebih murah karena maskapai mencari penumpang untuk mengisi pesawat.

8. Gunakan Opsi Lebih Dari Satu Transportasi

Tips tiket pesawat promo yang selanjutnya adalah dengan memilih pilihan lebih dari satu transportasi pada opsi yang tersedia. Cara ini sebenarnya kurang efisien untuk perjalanan Anda, tetapi efektif untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang rendah.

9. Coba Agen Perjalanan Konvensional

Sebaiknya, Anda jangan hanya mengandalkan agen perjalanan online, tetapi juga melihat agen perjalanan konvensional. Karena terkadang agen perjalanan konvensional juga memberikan harga promo khusus atau harga khusus sebagai hasil kerjasama dengan pihak maskapai.

10. Cari Promo Bank

Tips tiket pesawat promo yang terakhir Anda bisa mengupayakan untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga rendah yaitu dengan mencari promo pada bank. Bank juga sering melakukan kerjasama dengan maskapai untuk menarik pelanggan. Biasanya hal ini dilakukan lewat transaksi kartu kredit. Tidak ada salahnya kan Anda mendaftar kartu kredit yang sering diberikan promo harga tiket pesawat?

Itulah tadi 10 tips tiket pesawat promo yang murah dan ramah di kantong, meski bukan pada musim promo dari maskapai. Menyenangkan sekali bukan tetap bisa melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang dengan harga promo yang murah? Semoga bermanfaat.


Mau Gabung jadi Outlet Toko Modern Fastpay ? Dapatkan berbagai macam keuntungannya dan kelengkapan fiturnya. 8 LAYANAN hanya dalam 1 AKSES! KLIK DISINI

banner 10 Tips Tiket Pesawat Promo yang Ramah di Kantong

Tim SBF