H2H Reguler Partner VPN

Alur Development sampai Live Produk

4 tahap mudah yang harus diselesaikan

Setting Koneksi

Sebelum ke tahap development, pertama yang harus dilakukan yaitu, mitra harus setting koneksi antara koneksi bimasaksi dengan mitra. Untuk setting koneksi atau jika ada masalah dengan koneksi, bisa menghubungi NOC dengan email noc@bm.co.id atau kontak 0852 0028 8885​⁠​. Untuk link development nanti akan diinfokan juga oleh tim network kami.

URL Devel bisa akses ke https://partnerlink.fastpay.co.id:4343/devel/
Pastikan sebelum hit ke url devel bisa hit ke https://partnerlink.fastpay.co.id:4343/devel/cek_ip.php
Jika butuh setingan tambahkan perihal koneksi silahkan hub tim network kami

Development

Tahap development ini mitra diharuskan untuk mereplika struk (kecuali development pulsa prabayar). Untuk contoh struk bisa download disini, untuk format XML RPC terbaru bisa download disini dan untuk list kode produk termasuk admin dan fee bisa diminta ke tim bisnis/tim merketing. Jika hasil development mitra sudah sesuai dengan contoh struk, bisa di emailkan ke fitra.alfiananto@corp.bm.co.id atau ke no 08564 888 9293. Untuk link UAT dan Simulator beserta Skenario tes UAT, nanti akan diemailkan jika tidak ada revisi pada hasil replika struk.
Replika yang kami butuhkan berupa softcopy

UAT (User Acceptance Test)

Sebelum lanjut ke tahap UAT, mitra diwajibkan untuk deposit terlebih dahulu, untuk tata cara deposit bisa hub tim bisnis atau bisa dilihat disini dan jangan lupa untuk URL nya dirubah dari link development menjadi link UAT. Setelah deposit silahkan untuk melanjutkan tahap UAT sesuai dengan Skenario tes yang sudah di emailkan. Jika semua Skenario tes sudah selesai di kerjakan, silahkan di emailkan hasil screnshot aplikasi mulai dari tahap inquiry, tahap payment sampai print out struk (softcopy) ke fitra.alfiananto@corp.bm.co.id. Jika tidak ada revisi, maka akan kami emailkan request BASO (Berita Acara Siap Operasi) untuk Live produk yang mitra development.

Jika ingin mengunakan link SIMULATOR mohon konfirmasi PIC karena dibutuhkan persiapan data terlebih dahulu.
Hasil yang dikirim ke email berupa screnshot aplikasi mulai dari Inq, Pay dan hasil struk baik hit ke url prod maupun ke url simulator. Skenario tes yang kami kirim hanya sekedar panduan untuk Mitra untuk melakukan tes apakah hasil yang didapat sesuai dengan Expected Result.
Setiap transaksi UAT akan dibatasi 20 transaksi per produk sebelum Skenario tes dikerjakan semua

LIVE

Setelah mendapatkan BASO (Berita Acara Siap Operasi) dari tim bisnis, maka produk tersebut siap live tanpa ada batasan transaksi. Jika mitra akan development produk baru, maka bisa diulang dari tahap development lagi.

Frequent Answer Questions

Jawaban sederhana untuk pertanyaan yang paling umum

UID dan Password

Dalam hal ini UID/ID OUTLET Mitra di dapat dari awal mitra terdaftar di Bimasakti. Untuk Password biasanya dikirm via SMS ke no HP terdaftar disisi kami. Untuk UID dan Password bisa digunakan baik tahap Development, UAT, LIVE dan Login pada webreport

ID Pelanggan

Pada request masing-masing produk, pengisian ID Pelanggan dapat dikategorikan sbb:
  1. PLN Pascabayar
    • ID Pelanggan PLN Pascabayar diisikan pada parameter IDPELAGGAN1 dengan jumlah 12 digit, untuk IDPELANGGAN2 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
  2. PLN Prabayar, pada produk ada 2 cara pengiriman request dengan penginputan ID Pelanggan
    • Jika ID Pelanggan terdiri dari 11 digit (disebut No Meter) bisa dimasukkan pada IDPELANGGAN1, untuk IDPELANGGAN2 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
    • Jika ID Pelanggan terdiri dari 12 digit (disebut ID Pelanggan) bisa dimasukkan pada IDPELANGGAN2, untuk IDPELANGGAN1 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
  3. TELEPON
    • Pada request produk ini, perlu diperhatikan bahwa penginputan ID Pelanggan harus dimasukkan pada parameter IDPELANGGAN1 dan IDPELANGGAN2. Untuk IDPELANGGAN1 diisi dengan KODE AREA sedangkan IDPELANGGAN2 diisi dengan No Telp.
  4. PDAM
    • Untuk PDAM Bangkalan, Tapin, Mojokerto dimasukkan pada IDPELANGGAN2 (disebut No Sambungan), sedangkan PDAM selain itu dimasukkan pada IDPELANGGAN1.
  5. GAME ONLINE
    Untuk API Game Online diklasifikasikan menjadi 3 bagian perihal penginputan id pelanggan
    1. Untuk Game Mobile Legend, NOHP diisi dengan id mobile legend user (tanpa tanda kurung)
    2. Untuk Transaksi Etoll, NOHP diisi dengan no kartu dari Etoll yang bersangkutan
    3. Selain kedua poin diatas tetap menggunakan NOHP untuk penginputannya

Response Code (RC) Produk

Untuk list response code per produk bisa di download disini. Perlu di perhatikan disini bahwa setiap RC pada masing-masing produk berbeda.

Jika mendapat keterangan bertuliskan "EXT" berarti keterangan tersebut berasal dari biller kami.

Selain RC 00 dari response INQ / PAY dipastikan gagal, kec RC "33" dengan keterangan "Transaksi double, silahkan cek report transaksi untuk memastikan". Ini dikarenakan trigger disisi Mitra mengirim 2 kali hit ke server bimasakti secara singkat, sehingga response yang dikembalikan yaitu response yang terakhir, yang mengakibatkan sistem kami meresponse dengan RC 33 dengan keterangan tersebut.

Rekonsiliasi

Untuk sistem rekonsiliasi diharapkan mitra dapat menampung an menyimpan data yang telah diterima yang mana data tersebut akan di compare dengan data kami yang bisa di download di webreport pada menu Laporan > Transaksi. Untuk field yang di compare menyesuaikan dengan data yang ada di webreport. Pengiriman file rekonsiliasi dapat di email ke recon@bm.co.id.

Pengajuan Case Simulator pada tahap UAT

Untuk mencoba tahab ini dimohon untuk koordinasi dengan kami terlebih dahulu ke email fitra.alfiananto@corp.bm.co.id. Untuk produk simulator yang disupport yaitu Pulsa Prabayar, Game Online, PLN Prabayar, PLN Pascabayar. PLN Nontaglist, dan Adira Finance

Tes Negative Case

Negative case bisa dilakukan pada URL Production, sedangkan pada URL Development hanya test Positive.

Api Cek Data Transaksi

Ada 2 API yang digunakan untuk cek data pending, yaitu API CekStatus dan API DataTransaksi, kedua API itu hanya bisa digunakan jika sudah mendapatkan URL Production.

RC 99 pada API CekStatus tidak menandakan transaksi tersebut gagal, bisa jadi request yang dikirmkan kurang sesuai. Dan jika mendapatkan RC 99 maka dari partner wajib retry 3x selisih 1 menit per sequence (jika request sudah sesuai/tidak salah). Setelah 3x cek mendapat respon sama maka silahkan cek webreport
RC 06 pada API DataTransaksi tidak menandakan transaksi tersebut gagal, bisa jadi request yang dikirmkan kurang sesuai.
Pengecekan status transaksi (API CEKSTATUS/API DATATRANSAKSI) dilakukan setelah 5 menit dari transaksi payment

Transaksi Pending

Contoh case jika mendapatkan RC 00 pending/transaksi pending, maka yang harus dilakukan yaitu cek data transaksi yang pending tersebut menggunakan API CekStatus dan API DataTransaksi secara berkala (5 s/d 15 menit). Jika result status cek data trasaksi sukses silahkan cetak ulang transaksi tersebut dengan API CetakUlang, jika result status cek data transaksi gagal (RC selain 00, maka saldo otomatis di refund), silahkan untuk inquiry ulang.

Berikut list RC pending:
  1. "00" selain dengan keterangan "SEDANG DIPROSES" adalah transaksi berhasil
  2. "00" dengan keterangan "SEDANG DIPROSES" adalah transaksi pending
  3. "" (Tanpa isi) adalah transaksi pending
  4. "35" adalah transaksi pending
  5. "68" adalah transaksi pending
  6. http status code selain 200 dikatakan pending
  7. RC apapun itu dengan keterangan yang mengandung kata 'sedang diproses'(huruf kecil/besar) adalah pending
  8. Selain 7 poin diatas dikatakan gagal

Cetak Ulang

API CetakUlang hanya bisa digunakan pada URL Production dengan jenis transaksi non direct payment.

Jenis Transaksi

Jenis transaksi dibedakan menjadi dua:
  1. Direct Payment yang meliputi transaksi pulsa prabayar dan game online
  2. Non Direct Payment (selain pulsa prabayar dan game online)

Transaksi Prabayar

Perlu diingat jika transaksi tersebut termasuk jenis transaksi prabayar (pulsa prabayar dan PLN token/prabayar), pembayaran hanya bisa dilakukan sekali di hari yang sama dengan denom dan no tujuan yang sama. Ini ditujukan untuk meminimalisir terjadinya fraud transaksi di hari yang sama.

Cut Off Transaksi

Cut off transaksi akan dilakukan setiap hari pada jam 23:55 sampai 00:01 WIB (6 menit). Selama selang waktu tersebut, semua transaksi otomatis tidak bisa dilakukan.

Saldo Terpotong Simulasi

KODE PRODUK BIAYA ADMIN FEE
PLNPRAH 2.500 1.600
Dari table di atas tertulis Kode Produk, Biaya Admin, dan Fee untuk Mitra H2h. Untuk perhitungan saldo terpotong yaitu:

SALDO TERPOTONG : NOMINAL* + BIAYA ADMIN - FEE = 20.000 + 2.500 - 1.600 = 20.900
USER MEMBAYAR : NOMINAL* + BIAYA ADMIN = 20.000 + 2.500 = 22.500
* NOMINAL dari response inquiry

Whitelist IP

Untuk penambahan IP baik development maupun production, bisa kontak ke Tim Network kami.

Komunikasi Data

Semua API ini bersifat Synchronus.

Id Pelanggan Tunggakan [UAT]

Jika Mitra kesulitan untuk mencari ID Pelaggan dengan tunggakan tertentu, silahkan di email ke fitra.alfiananto@corp.bm.co.id untuk saya bantu mencarikan guna keperluan UAT.

Id Pelanggan [Devel]

Semua idpel devel bisa dilihat pada contoh struk.

Nominal PLNPRA Bayar

Semua PLNPRA Bayar mengunakan kode PLNPRAH atau PLNPRAY, mengenai nominalnya diinputkan berada pada field NOMINAL pada REQUEST PAYMENT. Adapun list nominalnya sebagai berikut:
  1. Rp 20.000,-
  2. Rp 50.000,-
  3. Rp 100.000,-
  4. Rp 200.000,-
  5. Rp 500.000,-
  6. Rp 1.000.000,-
  7. Rp 5.000.000,-
  8. Rp 10.000.000,-
  9. Rp 50.000.000,-

Timeout Inq dan Pay

  1. Timeout Declaration Inquiry = 30 detik
  2. Timeout Declaration Payment = 45 detik