UID dan Password
Dalam hal ini UID/ID OUTLET Mitra di dapat dari awal mitra terdaftar di Bimasakti. Untuk Password biasanya dikirm via SMS ke no HP terdaftar disisi kami. Untuk UID dan Password bisa digunakan baik tahap Development, UAT, LIVE dan Login pada
webreport
ID Pelanggan
Pada request masing-masing produk, pengisian ID Pelanggan dapat dikategorikan sbb:
- PLN Pascabayar
- ID Pelanggan PLN Pascabayar diisikan pada parameter IDPELAGGAN1 dengan jumlah 12 digit, untuk IDPELANGGAN2 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
- PLN Prabayar, pada produk ada 2 cara pengiriman request dengan penginputan ID Pelanggan
- Jika ID Pelanggan terdiri dari 11 digit (disebut No Meter) bisa dimasukkan pada IDPELANGGAN1, untuk IDPELANGGAN2 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
- Jika ID Pelanggan terdiri dari 12 digit (disebut ID Pelanggan) bisa dimasukkan pada IDPELANGGAN2, untuk IDPELANGGAN1 dan IDPELANGGAN3 cukup di kosongkan saja
- TELEPON
- Pada request produk ini, perlu diperhatikan bahwa penginputan ID Pelanggan harus dimasukkan pada parameter IDPELANGGAN1 dan IDPELANGGAN2. Untuk IDPELANGGAN1 diisi dengan KODE AREA sedangkan IDPELANGGAN2 diisi dengan No Telp.
- PDAM
- Untuk PDAM Bangkalan, Tapin, Mojokerto dimasukkan pada IDPELANGGAN2 (disebut No Sambungan), sedangkan PDAM selain itu dimasukkan pada IDPELANGGAN1.
-
GAME ONLINE
Untuk API Game Online diklasifikasikan menjadi 3 bagian perihal penginputan id pelanggan
- Untuk Game Mobile Legend, NOHP diisi dengan id mobile legend user (tanpa tanda kurung)
- Untuk Transaksi Etoll, NOHP diisi dengan no kartu dari Etoll yang bersangkutan
- Selain kedua poin diatas tetap menggunakan NOHP untuk penginputannya
Response Code (RC) Produk
Untuk list response code per produk bisa di download disini. Perlu di perhatikan disini bahwa setiap RC pada masing-masing produk berbeda.
Jika mendapat keterangan bertuliskan "EXT" berarti keterangan tersebut berasal dari biller kami.
Selain RC 00 dari response INQ / PAY dipastikan gagal, kec RC "33" dengan keterangan "Transaksi double, silahkan cek report transaksi untuk memastikan". Ini dikarenakan trigger disisi Mitra mengirim 2 kali hit ke server bimasakti secara singkat, sehingga response yang dikembalikan yaitu response yang terakhir, yang mengakibatkan sistem kami meresponse dengan RC 33 dengan keterangan tersebut.
Rekonsiliasi
Untuk sistem rekonsiliasi diharapkan mitra dapat menampung an menyimpan data yang telah diterima yang mana data tersebut akan di compare dengan data kami yang bisa di download di
webreport pada menu Laporan > Transaksi. Untuk field yang di compare menyesuaikan dengan data yang ada di webreport. Pengiriman file rekonsiliasi dapat di email ke
recon@bm.co.id.
Pengajuan Case Simulator pada tahap UAT
Untuk mencoba tahab ini dimohon untuk koordinasi dengan kami terlebih dahulu ke email fitra.alfiananto@corp.bm.co.id.
Untuk produk simulator yang disupport yaitu Pulsa Prabayar, Game Online, PLN Prabayar, PLN Pascabayar. PLN Nontaglist, dan Adira Finance
Tes Negative Case
Negative case bisa dilakukan pada URL Production, sedangkan pada URL Development hanya test Positive.
Api Cek Data Transaksi
Ada 2 API yang digunakan untuk cek data pending, yaitu API CekStatus dan API DataTransaksi, kedua API itu hanya bisa digunakan jika sudah mendapatkan URL Production.
RC 99 pada API CekStatus tidak menandakan transaksi tersebut gagal, bisa jadi request yang dikirmkan kurang sesuai. Dan jika mendapatkan RC 99 maka dari partner wajib retry 3x selisih 1 menit per sequence (jika request sudah sesuai/tidak salah). Setelah 3x cek mendapat respon sama maka silahkan cek webreport
RC 06 pada API DataTransaksi tidak menandakan transaksi tersebut gagal, bisa jadi request yang dikirmkan kurang sesuai.
Pengecekan status transaksi (API CEKSTATUS/API DATATRANSAKSI) dilakukan setelah 5 menit dari transaksi payment
Transaksi Pending
Contoh case jika mendapatkan RC 00 pending/transaksi pending, maka yang harus dilakukan yaitu cek data transaksi yang pending tersebut menggunakan API CekStatus dan API DataTransaksi secara berkala (5 s/d 15 menit). Jika result status cek data trasaksi sukses silahkan cetak ulang transaksi tersebut dengan API CetakUlang, jika result status cek data transaksi gagal (RC selain 00, maka saldo otomatis di refund), silahkan untuk inquiry ulang.
Berikut list RC pending:
- "00" selain dengan keterangan "SEDANG DIPROSES" adalah transaksi berhasil
- "00" dengan keterangan "SEDANG DIPROSES" adalah transaksi pending
- "" (Tanpa isi) adalah transaksi pending
- "35" adalah transaksi pending
- "68" adalah transaksi pending
- http status code selain 200 dikatakan pending
- RC apapun itu dengan keterangan yang mengandung kata 'sedang diproses'(huruf kecil/besar) adalah pending
- Selain 7 poin diatas dikatakan gagal
Cetak Ulang
API CetakUlang hanya bisa digunakan pada URL Production dengan jenis transaksi non direct payment.
Jenis Transaksi
Jenis transaksi dibedakan menjadi dua:
- Direct Payment yang meliputi transaksi pulsa prabayar dan game online
- Non Direct Payment (selain pulsa prabayar dan game online)
Transaksi Prabayar
Perlu diingat jika transaksi tersebut termasuk jenis transaksi prabayar (pulsa prabayar dan PLN token/prabayar), pembayaran hanya bisa dilakukan sekali di hari yang sama dengan denom dan no tujuan yang sama. Ini ditujukan untuk meminimalisir terjadinya fraud transaksi di hari yang sama.
Cut Off Transaksi
Cut off transaksi akan dilakukan setiap hari pada jam 23:55 sampai 00:01 WIB (6 menit). Selama selang waktu tersebut, semua transaksi otomatis tidak bisa dilakukan.
Saldo Terpotong Simulasi
KODE PRODUK |
BIAYA ADMIN |
FEE |
PLNPRAH |
2.500 |
1.600 |
Dari table di atas tertulis Kode Produk, Biaya Admin, dan Fee untuk Mitra H2h. Untuk perhitungan saldo terpotong yaitu:
SALDO TERPOTONG : NOMINAL* + BIAYA ADMIN - FEE = 20.000 + 2.500 - 1.600 =
20.900
USER MEMBAYAR : NOMINAL* + BIAYA ADMIN = 20.000 + 2.500 =
22.500
* NOMINAL dari response inquiry
Whitelist IP
Untuk penambahan IP baik development maupun production, bisa kontak ke
Tim Network kami.
Komunikasi Data
Semua API ini bersifat Synchronus.
Id Pelanggan Tunggakan [UAT]
Jika Mitra kesulitan untuk mencari ID Pelaggan dengan tunggakan tertentu, silahkan di email ke fitra.alfiananto@corp.bm.co.id untuk saya bantu mencarikan guna keperluan UAT.
Id Pelanggan [Devel]
Semua idpel devel bisa dilihat pada contoh struk.
Nominal PLNPRA Bayar
Semua PLNPRA Bayar mengunakan kode PLNPRAH atau PLNPRAY, mengenai nominalnya diinputkan
berada pada field NOMINAL pada REQUEST PAYMENT. Adapun list nominalnya sebagai berikut:
- Rp 20.000,-
- Rp 50.000,-
- Rp 100.000,-
- Rp 200.000,-
- Rp 500.000,-
- Rp 1.000.000,-
- Rp 5.000.000,-
- Rp 10.000.000,-
- Rp 50.000.000,-
Timeout Inq dan Pay
- Timeout Declaration Inquiry = 30 detik
- Timeout Declaration Payment = 45 detik